loading...

Tuesday, March 22, 2016

Cara Mudah Menghafal Dengan Menggunakan Teknik Imajinasi (Daftar)

Apakah kamu termasuk orang yang memiliki daya ingat yang lemah? apakah kamu kesulitan untuk mengingat istilah atau nama? Jika iya, kita senasib. Beberapa orang merasa kesulitan untuk mengingat sebuah nama objek atau istilah, namun beberapa orang lainnya begitu mudah untuk mengingat tersebut.

Pernah mendengar kisah seorang pelayan yang dapat mengingat belasan daftar pesanan tanpa menggunakan catatan kecil? Kebanyakan orang untuk mengingat sebuah daftar/list selalu terpaku dengan daftar nama yang diingat, seperti jika FH membuat list seperti:

1. Ban 6. Beruang
2. Kalung 7. Melati
3. Sambel 8. Sapu lidi
4. Jarum 9. Aspal
5. Gitar 10. Pesawat

Bagaimana kamu mengingat hal tersebut? Cobalah untuk mengingat daftar tersebut dalam waktu 1 menit. Berapa banyak objek yang dapat kamu ingat? 7 buah kah? Fenomena Harimu pada tulisan ini akan memaparkan cara mengingat daftar/list yang dibumbui dengan hal "asyik" serta dapat memunculkannya kembali untuk jangka waktu yang lama.

Daya ingat pelayan
Image: Daya ingat pelayan [pixabay]

Cara Asyik Mengingat Daftar


Banyak orang saat mengingat sesuatu hal hanya berdasarkan objek tersebut. Artinya mereka tidak menyangkut pautkan suatu objek yang diingat dengan hal lain. Hal ini menyebabkan kebanyakan dari mereka cepat lupa terhadap objek yang diingat.

Kunci untuk meningkatkan daya ingat ini adalah sensasi dari imajinasi yang dihasilkan. Untuk menyangkut pautkan daftar tersebut, kita menggunakan imajinasi yang dapat memberikan kita sensasi. Jika Anda meilihat daftar diatas. Kata pertama adalah "Ban", dan kemudian "Kalung". Cukup sulit menyangkut pautkan hal ini secara masuk akal.

Oleh karena itu, imajinasi yang digunakan adalah imajinasi yang tidak mementingkan logika. Kita bisa saja menggunakan logika saat mengingat daftar tersebut, namun daya ingatnya tidak sekuat imajinasi bebas. Dari daftar tersebut, kita membuat cerita yang melukiskan kita saat bangun pagi dan runtutan ruangan yang biasa kita lewati dipagi hari.

Sehingga hal yang perlu diperhatikan adalah, imajinasi bebas [bahkan aneh], latar (rumah, sekolah, kantor), waktu serta kebiasaan. Mari kita praktikan. Cara ini diciptakan oleh Dominic O'Brien seorang pemenang dari kejuaran memori tingkat dunia dan telah meraih kemenangannya hingga 8 kali. Dan untuk contoh kali ini, saya menggunakan rumah sebagai latarnya.

  1. Kamar Tidur: Saat pagi hari, saat saya masih tertidur telentang pulas, tiba-tiba terdengar gemuruh dari genteng yang kemudian menghancurkan langit-langit kamar dan dengan terkejutnya sebuah Ban besar mendarat tepat di perut saya. Seketika mata saya langsung melotot, kaki dan tangan saya terangkat dan mulut saya terbuka lebar sembari mengeluarkan kalung berlian nan cantik dari dalam mulut.

  2. Tangga: Tanpa menghiraukan hal tersebut, sambil menjinjing sebuah kalung saya keluar kamar dan saat menuruni tangga. Tiba-tiba saya menginjak sambel sachet'an sehingga membuat sambel muncrat kedinding-dinding tembok. Sayangnya muncratan sambel tersebut tidak kunjung berhenti sehingga membuatnya tampak seperti mengalir.

  3. Tempat Ibadah: Untuk menuju kamar mandi, saya harus melewati tempat ibadah (karena denah rumah yang saya miliki). Di tempat ibadah saya melihat seekor burung yang tersusun dari jarum-jarum kecil terbang menuju saya dan mengikuti saya menuju kamar mandi.

  4. Kamar Mandi; Saat membuka kamar mandi. Saya menanggalkan pakaian saya dan kemudian mengambil gayung. Memasukkan ke air, mengambil air tersebut dan saat membalikkan gayung berniat membasahi tubuh dengan air terdengar bunyi "jreng" seperti suara gitar. Air tersebut tidak keluar malahan menghilang di gayung saya. Saya coba berkali-kali yang keluar hanyalah "jreng, jreng, jreng" dari dalam gayung. Dan akhirnya saya mengurungkan niat untuk mandi.

  5. Dapur: Karena lapar, kemudian saya pergi kedapur berniat mengambil piring. Disana saya melihat seekor beruang sedang mencuci piring. Di antara telinga dan kepala beruang tersebut terselip bunga melati.Di tangan kirinya, tergenggam sapu lidi. Dan kemudian memberikan piring kepada saya. Setelah menerima piring dari beruang, tiba-tiba saya diserang dengan menggunakan sapu lidi tersebut. Pinggang, punggung, bagian belakang tubuh saya menjadi target serangan beruang tersebut.

  6. Ruang makan: Saya berlari keluar melewati ruang makan yang lantainya terbuat dari aspal. Kemudian mengambil kunci kendaraan pribadi saya yang terletak diatas meja makan.

  7. Ruang keluarga: "Tit, tit" Pintu pesawat terbuka, dan akhirnya saya pergi terbang meninggalkan rumah saya.

Cobalah untuk berimajinasi, semakin aneh justru semakin menarik. Saat mencobanya pertama kali mungkin terasa agak sulit. Biarkanlah dirimu memulai sesuatu, semakin sering Anda mencobanya, besar kemungkinan Anda bisa membuat cerita hanya dari 2 ruang untuk 10 objek. Dan kemampuan memunculkan imajinasi tersebut tidak lebih dari 1 menit.

Bagaimana daya ingat dapat meningkat melalui ini?


Secara umum manusia dapat mengingat 4 sampai 7 bit informasi. Jika kita sangkut pautkan dengan daftar diatas. Jika Anda menggunakan teknik penghafalan biasa, yaitu tidak menyangkut pautkan objek yang satu dengan yang lain maka dari daftar tersebut Anda akan mengingat 10 bit informasi. Oleh karena itu, Anda harus memasukkannya kedalam 7 bit informasi. Untuk lebih memudahkan, perhatikan gambar dibawah ini.

bit informasi


Selain itu, pernahkah Anda berjumpa dengan seseorang kemudian Anda dibuat terkagum kagum sehingga Anda menyimpulkan bahwa dia adalah orang yang menarik? dan saat Anda bertemu dengan teman Anda, Anda mengatakan pada teman Anda bahwa seseorang yang baru saja ditemuinya membuat Anda terkagum-kagum?

Saat bertemu dengan orang lain lalu berpisah, kita cenderung tidak mengingat pasti apa yang dikatakannya, bagaimana wajahnya serta bagaimana orang tersebut berperilaku. Kita cenderung lebih mengingat karisma yang dipancarkan orang tersebut melalui emosi-emosinya ketika berinteraksi sehingga memberikan sensasi kepada kita.

Banyak dari kita yang mengetahui bahwa Mario Teguh adalah seorang yang menginspirasi, Putra Nababan adalah seorang yang piawai dalam membawakan acara berita, dan Dian Sastro yang pintar ber-akting. Tapi sangat jarang sekali orang yang mengetahui mengapa mereka seperti itu sehingga kita dapat mengatakan beliau menginspirasi, piawai dalam membawakan acara, atau ber-akting.

Karena kita lebih mengingat sensasi melalui emosi. Dan imajinasi yang dibumbui dengan penuh emosi akan menghasilkan sensasi yang dapat memperkuat ingatan kita terhadap objek tersebut.

Ingin tahu lebih banyak tentang memori? Kami merekomendasikan buku memori inteligen oleh Barry Gordon dan Lisa Berger  yang menjadi referensi sebagian besar dalam penulisan artikel ini.

Sinopsis:

Keahlian-keahlian penting seperti kecerdasan, kreativitas, dan akal sehat membutuhkan memori. Buku ini menunjukkan bagaimana memori dapat dipelajari dan ditingkatkan oleh siapa pun pada segala usia. Barry Gordon, ahli penelitian memori terkemuka dan pendiri Memori Clinic, menjabarkan komponen-komponen Memori Inteligen dengan terperinci, yaitu memusatkan perhatian, menyimpan informasi, menciptakan koneksi, dan memanggil kembali informasi.

Melalui berbagai contoh dan latihan, Gordon dan Berger menjelaskan bagaima menggunakan proses tersebut untuk meningkatkan memori dan kecerdasan kita. Buku Memori Inteligen ini menawarkan manfaat nyata karena menggabungkan ilmu terobosan dengan kuis evaluasi diri serta latihan-latihan penguat memori yang praktis. Buku ini adalah alat bantu yang sangat dibutuhkan oleh siapa pun yang ingin menjadi lebih cerdas dan kreatif.


Referensi:
Gordon, Barry dan Lisa Berger. Memori Inteligen. 2006. Jakarta: Esensi erlangga group >> Dapatkan Bukunya
Rakhmat, Jalaludin. 1999. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset Bandung >> Dapatkan Bukunya
O'Brien, Dominic. PDF. Diakses: 28 februari 2016

Penulis FH Rijal
Penulis konten: Rijal
"Anak teknik yang juga belajar psikologi, suka hal yang berkaitan dengan komputer, dan seorang ambivert."